Brexit desak Eropa pindahkan basis satelit ke Spanyol

By Admin 26 Jan 2018, 10:01:19 WIB Internasional
Brexit desak Eropa pindahkan basis satelit ke Spanyol

Brussel (ANTARA News) - Uni Eropa (UE) secara resmi memutuskan untuk memindahkan basis pemantauan satelit dari Inggris ke Spanyol setelah Brexit untuk mempertahankan keamanan.

 

 

Basis cadangan untuk sistem satnav Galileo blok di Swanwick, Inggris selatan itu akan dipindahkan ke Madrid, tempat mereka dilaporkan akan mempekerjakan puluhan orang.
 
Ini adalah kerugian besar ketiga bagi Inggris setelah UE tahun lalu memutuskan untuk mengalihkan agen obatnya ke Amsterdam dan regulator perbankannya ke Paris.
 
Komisaris UE menyetujui sebuah pemilihan pekan lalu oleh 27 negara anggota UE yang tersisa untuk memindahkan pusat satelit tersebut, yang menjadi cadangan basis utama di Perancis.
 
"Sebagai konsekuensi Brexit sebuah lokasi baru untuk basis cadangan harus ditemukan," ujar Komisaris Eropa Vera Jourova dalam sebuah konferensi pers di Brussel.
 
Komisaris Industri Elzbieta Bienkowska menambahkan, dengan keputusan hari ini, Komisi mengambil langkah-langkah operasional yang diperlukan untuk memastikan kelangsungan bisnis dan menjaga keamanan sistem Galileo.
 
Pusat Pemantauan Keamanan Galileo memastikan keamanan proyek navigasi satelit UE.
 
Program Galileo tersebut, jika selesai, akan memiliki 30 satelit di orbit tata surya pada 2020.
 
Spanyol mengalahkan Belgia, Italia, Portugal, Rumania dan Slovenia untuk menjadi tuan rumah situs Inggris tersebut. Demikian dilansir AFP



Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment