Sejarah

By Admin 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

SEJARAH SINGKAT

Universitas 19 November Kolaka, didirikan pada 16 April 1984, dengan mendaftarkan sebuah yayasan sebagai pengelola perguruan tinggi yang bernama Yayasan Pembangunan Pendidikan Indonesia Kolaka (YAPPIKA) dengan Akta Nomor 23 ke kantor Akta Notaris di Kendari oleh tokoh-tokoh masyarakat saat itu, yaitu H.  Nurung, H.  Baso Lewa, Drs. H. Muhammadong Maddapy, M. Si dan H. Muh. Tahrir.  Dengan berbekal dukungan penuh dari Bupati Kolaka saat itu, S Manomang dan Ketua DPRD Syamsuddin S Tomme, diadakan rapat paripurna DPRD Kolaka tanggal 27 Agustus 1984 yang secara bulat menyetujui pendirian Perguruan Tinggi di Kolaka dan, dilakukan proses administrasi pada Kopertis Wilayah IX di Makassar. Akhirnya, Koordinator Kopertis Wilayah IX, saat itu H. Ridwan Saleh menyetujui pendirian perguruan tinggi tersebut yaitu STKIP 19 November (Sekolah Tinggi  Teknologi Informasi), yang dituangkan dalam Surat Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah IX Nomor 284 Tahun 1984. Peresmian/pengoperasian perdana STKIP dilaksanakan tanggal 24 Desember 1984, dengan membuka dua jurusan, yakni jurusan Administrasi Pendidikan dan jurusan IPS dengan dua program studi, masing-masing Program Studi Pendidikan Dunia Usaha/Koperasi dan Program Studi Pendidikan Moral Pancasila.

Perkembangan selanjutnya, jurusan dan program studi dimaksud mengalami passing out berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0770/O/1990. Pada tahun 1995, terbit Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44/Dikti/Kep/1995 yang berisikan persetujuan membuka dua jurusan baru dengan tiga program studi, yaitu Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Program Studi Bahasa Inggris. Jurusan MIPA dengan satu program studi yaitu Pendidikan Matematika. Dua jurusan tersebut sampai saat ini tetap dipertahankan.

Berkat kerja keras dan perjuangan seluruh civitas akademika STKIP 19 November yang dipimpin oleh Azhari, SSTP Msi dan dukungan penuh masyarakat dengan Drs. Buhari Matta, Msi sebagai Bupati Kolaka, Firdaus Tahrir, SE dan Sainal Amrin, SE selaku Ketua DPRD Kab. Kolaka, usaha tersebut berhasil memenuhi berbagai persyaratan, yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan sistem pendidikan nasional, maka terbitlah Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 076/D/O/2005 tentang perubahan status STKIP menjadi Universitas 19 November Kolaka, dengan penambahan fakultas/program studi baru yaitu menjadi (a) Fakultas Teknologi Informasi dengan tiga program studi yaitu program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, (b) Fakultas Teknik dengan tiga program studi yaitu Teknik Sipil, Teknik Pertambangan dan Sistem Informasi, (c) Fakultas Pertanian dengan empat program studi, yaitu Agronomi, Sosial Ekonomi Pertanian, Peternakan dan Budi Daya Perairan, (d) Fakultas Ilmu Sosial dengan program studi Administrasi Negara.

Universitas 19 November yang baru terbentuk tersebut ini dipimpin oleh Azhari, S.STP, M.Si sebagai Rektor, berdasarkan Surat Keputusan Majelis Wali Amanah (MWA) Nomor 02/SK-MWA/2005 tentang Penetapan Rektor Universitas 19 November Kolaka yang dilantik pada Agustus 2005.

Dalam peningkatan program akademik, termasuk peningkatan jumlah fakultas dan program studi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Kolaka, pada awal 2006, Universitas 19 November kembali berhasil mendapat izin untuk membuka program studi Ilmu Hukum, bergabung dengan Fakultas Ilmu Sosial, yang kemudian menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Hukum.berdasarkan SK Dikti No. 076/DT/O/2006.

Fakultas Teknologi Informasi (FTI-USN) diresmikan sebagai fakultas baru di Univesitas 19 November Kolaka pada tanggal 04 Oktober 2010  berdasarkan SK Rektor Nomor: 213/SK-USN/PP/X/2010 tentang pembentukan Fakultas Teknologi Informasi USN Kolaka. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahir fakultas. Sebelum berdiri sendiri, Fakultas Teknologi Informasi adalah embrio dari Fakultas Teknik dengan tiga program studi yakni program studi Teknik sipil, Teknik pertambangan dan Sistem Informasi. Berdasarkan SK Rektor pada tanggal 20 Juli 2005 dengan nomor 022/SK-USN/PP/VII/2005. Namun setelah diresmikan sebagai fakultas baru, saat ini Fakultas Teknologi Informasi baru memiliki satu program studi yakni Program Studi Sistem Informasi.