KKN di Konawe, Mahasiswa USN Kolaka Buat Aplikasi Teknologi Sistem Informasi Desa

By Admin 26 Jan 2018, 09:50:15 WIB Kampus
KKN di Konawe, Mahasiswa USN Kolaka Buat Aplikasi Teknologi Sistem Informasi Desa

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sejumlah mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara yang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe menggelar pelatihan computer manajemen administrasi desa berbasis teknologi di desa Wonggeduku dan Lahotutu, Sabtu (9/9/2017) kemarin.

Dosen Pembimbing Mahasiswa KKN USN Kolaka Angkatan IV Muh. Nurtanzis Sutoyo mengatakan, pelatihan itu menjadi salah satu program kerja mahasiswa KKN yang dirasa sangat urgen oleh pihak pemerintah desa/kelurahan setempat.

“Karena itu, kami berupaya baik dari adik-adik mahasiswa maupun dosen yang punya skill di bidang tersebut untuk berbagi ilmu, dan mengaplikasikan melalui kegiatan yang telah kita laksanakan, “jelas Nurtanzis yang juga salah satu Dosen Fakultas Teknologi Informasi USN Kolaka ini, Minggu (10/9/2017).

Hal yang sama juga dikatakan Pembibing Mahasiswa KKN USN lainnya, Andri Tenri Sumpala. Wanita yang juga menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut, mengatakan pelatihan komputer manajemen administrasi desa itu, cukup mendapat respek positif. Hal itu ditandai dengan banyaknya aparat pemerinta desa dan masyarakat untuk mengikuti pelatihan itu.
Kata dia, output pelatihan ini adalah adanya aplikasi Sistem Informasi Desa yang bisa langsung diaplikasikan oleh peserta pelatihan.

“kita membuatkan aplikasi TESIA yang sangat mudah digunakan. Nama TESIA itu, tak lain adalah Sistem Informasi Desa, dan disediakan secara gratis, “paparnya.

Sementara itu, Kasubag Humas dan Kerjasama USN Kolaka Takwa mengatakan, walau masa program KKN para mahasiwa itu tinggal seminggu lagi, namun mereka terus memaksimalkan program kerja atau kegiatan yang mereka telah rencanakan dengan konsisten menyelesaikan item-item kegiatan program KKN tersebut.Salah satunya dengan mengadakan pelatihan ini.
Kata Takwa, sesuai jadwal, rencana penarikan kembali para mahasiwa itu ke kampus akan dilakukan pada tanggal 20 September 2017 mendatang, setelah meraka mengabikan dirinya di semua desa yang ada di kabupaten Konawe selama 40 hari.

“Saat ini sebagian dari mereka telah rampung dan memaksimalkan program kerja pengabdiannya. Setidaknya, keberadaan mahasiswa KKN di Kabupaten Konawe kurang lebih 40 hari sejak ditempatkan pada 10 Agustus 2017 lalu, “jelas Takwa.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment